Program Hibah Pengelolaan SDA Berbasis Masyarakat (PSDABM) 

MCA-Indonesia menetapkan KEHATI sebagai Grant Program Manager (GPM) program hibah PSDABM, proyek Jendela 2 Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia, Lot 1: Sumatera & Kalimantan.

Program hibah PSDABM merupakan proyek kolaboratif pengelolaan SDA berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mendukung, melengkapi dan memperkuat hasil-hasil program dari investasi inti proyek Kemakmuran Hijau dalam bidang energi terbarukan dan pertanian berkelanjutan, melalui pendekatan bentang alam, di kabupaten sasaran.

Tujuan utama program hibah adalah:

  • Meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil melalui perluasan penggunaan energi baru dan terbarukan.
  • Meningkatkan produktivitas dan mengurangi emisi karbon dengan memperbaiki praktik–praktik penggunaan lahan dan pengelolaan SDA.

 

Hibah program PSDABM akan diberikan kepada proyek-proyek yang mendukung atau melengkapi tujuan-tujuan inti investasi fasilitas Kemakmuran Hijau dalam bentang alam tertentu di kabupaten sasaran.

Hibah ini memiliki fokus khusus pada upaya-upaya yang memastikan bahwa LSM lokal dan kelompok-kelompok masyarakat dapat berpartisipasi dan mengambil manfaat dari investasi proyek Kemakmuran Hijau ini.

 

Jenis Proyek

Hibah proyek PSDABM untuk mendanai proyek-proyek skala kecil yang mempromosikan inisiatif berbasis masyarakat di bidang kehutanan, pertanian dan off-grid energi terbarukan, peningkatan pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan untuk meningkatkan keberlanjutan energi terbarukan dan / atau investasi di bidang pertanian dan kehutanan, serta mendukung kehidupan pedesaan dan pembangunan ekonomi.

 

Kisaran pendanaan

Fasilitas Kemakmuran Hijau menyediakan hibah antara US$ 250.000 hingga US$ 2 juta untuk pendanaan proyek PSDABM.

 

Tahapan Proyek

Tahapan pengumuman peluang hibah dan pengajuan kertas konsep (Call for Concept Note). Batas akhir pengajuan 8 November 2015, jam 17:00 WIB. Pengajuan berkas dikirimkan ke PSDABM KEHATI, Jl. Bangka VIII No. 3B, Pela Mampang, Jakarta Selatan 12730. Email pengajuan dan pertanyaan ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Kegiatan sosialisasi program ke daerah yang menjadi target program.
  • Memberikan peningkatan kapasitas dan bantuan teknis pada tahapan sosialisasi melalui pelatihan pembuatan konsep note dan pada tahapan implementasi untuk memastikan proyek berjalan dan sesuai dengan persyaratan MCA-Indonesia.
  • Proses verifikasi kertas konsep dan proposal.
  • Negosiasi perjanjian kerja dengan calon mitra yang terpilih untuk mengelola program.
  • Implementasi proyek. Implementasi proyek hingga berakhirnya program ini pada akhir Desember  2017.

 

Peran KEHATI

Sebagai Manajer Program Hibah, KEHATI akan memfasilitasi keseluruhan siklus proyek,dari tahapan persiapan, sosialisasi, proses pengajuan & persetujuan, implementasi proyek, pemantauan, hingga proyek berakhir.

Selama implementasi proyek, KEHATI akan memberikan bantuan teknis dan fasilitasi kepada penerima hibah dan didukung oleh kantor Manajer Wilayah yang berkedudukan di Jambi, Balikpapan dan Pontianak.

 

Lembaga Pengusul

Hibah ini berfokus  pada upaya-upaya yang memastikan bahwa LSM lokal dan kelompok-kelompok masyarakat di kabupaten terpilih dapat berpartisipasi dan mengambil manfaat dari investasi Fasilitas Kemakmuran Hijau ini dalam bentang alam tertentu, yang terdiri dari:

1. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nasional dan lokal

2. Koperasi

3. Kelompok/organisasi perempuan

4. Aliansi/organisasi Masyarakat Adat

5. Kelompok-kelompok masyarakat lain

6. Organisasi Berbasis Konstituen

7. Unit Usaha Kecil dan Menengah

8. Organisasi lainnya yang berorientasi dan berbasis masyarakat

 

Fokus Program 

Jenis proyek PSDABM difokuskan pada 5 tematik program, yaitu:

1. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

2. Peningkatan dan Penyempurnaan Pengelolaan Hutan

3. Pengembangan Energi Terbarukan Berskala Kecil

4. Pengelolaan Pertanian Berkelanjutan

5. Program lain yang mendorong peningkatan ekonomi masyarakat lokal yang ramah iklim dan lingkungan, seperti program ekowisata dan pengelolaan hasil hutan bukan kayu.

6.  Tambahan khusus hibah bagi kelompok perempuan dengan tetap mengacu pada tema CBNRM.

 

Informasi lebih lanjut

Kantor PSDABM KEHATI

Jl. Bangka Raya 33A, unit 201

Pela Mampang

Jakarta Selatan 12730

Telp.  (62-21) 719 6072/73

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.